Bali River Rafting Blog

Sungai Ayung Tempat Rafting Seru Di Ubud Bali

15 September 2014

Selain memacu adrenalin menelusuri arus deras sepanjang 12 km, wisatawan juga sekaligus menikmati keindahan pemandangan alam yang begitu mempesona di sepanjang jalur arum jeram atau rafting.

Sebelum memulai rafting, semua peserta rafting harus mengisi formulir asuransi dengan lengkap karena rafting di Sungai Ayung dijamin oleh asuransi kecelakaan diri. Sebelum rafting, semua peserta akan diberi pengarahan atau briefing singkat oleh instruktur rafting mengenai kondisi Sungai Ayung dan tips rafting aman dan seru. Jika ada hal yang kurang jelas, peserta rafting dipersilahkan bertanya.

Selanjutnya wisatawan akan dibekali dengan peralatan rafting standard international seperti helm, jaket pelampung atau lebih dikenal life vest dan dayung. Peserta dipersilahkan memakai dan cocokan dengan ukuran badan, agar nyaman di badan.

ayung rafting bali

Sejumlah infrastruktur juga akan memberikan pengarahan keselamatan selama melakukan arum jeram, termasuk membagi kelombok sesuai kebutuhan perahu karet / perahu rafting. Pemandu juga memberikan petunjuk dan bahasa isyarat saat saat rafting, demi kekompakan pesertea dalam satu perahu, seperty go yang berarti mendayung, back dayung mundur, boom boom yang berarti ada ringtangan di depan seperti batu, kelokan atau menabrak sesuatu.

Ketika ada isyarat boom-boom, beberapa hal yang harus dilakukan peserta rafting seperti memegang erat tali pengaman yang ada di bahu perahu rafting atau di sisi tempat duduk serta mengarahkan dayung vertikal. Hal itu sebagai antisipasi benturan agar tidak berdampak bahaya. Selain itu, jika ada yang jatuh ke air, usahakan posisi badan telentang dengan wajah ke atas dan posisi kaki mengarah arus ke depan, jika ada batu atau pohon di depan, kepala kita terlindungi.

Selesai memberikan pengarahan, peserta langsung ke start point dimana sejumlah perahu karet telah siap menunggu. Semua peralatan rafting seperti helm, jaket pelampung dan dayung sudah lengkap dan siap digunakan. Jarak lintasan sepanjang 12 km akan ditempuh sekitar 2,5 jam. Selama rafting, peserta akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa, dengan udara sejuk pedesaan, bebas polusi.

Deretan berbagai pohon berbagai ukuran dan akar-akarnya yang menyembul keluar dari tanah dan merambat ke sisi-sisi bukit terlihat jelas. Selain itu percikan air dari sumber mata air dari atas bukit jatuh dengan bebasnya sehingga membentuk air terjun mini. Di tengan pengaruhan wisatawan dapat menikmati ukiran di bebatuan dan tentu ini menjadi cirri khas rafting di Sungai Ayung. Peserta rafting dapat rehat sejenak sambil ambil photo, main air dan lainnya. Setelah melanjutkan perjalanan, lelas dan senang menjadi satu. Petugas finish point akan menyabut kedatangan peserta rafting. Silahkan mandi dan ganti pakain. Setelah main air berbasah-basahan, perut terasa lapar, hidangan makan siang prasmanan siap dinikmati. Bagi yang belum pernah rafting di Sungai Ayung, kini saatnya bergabung dan dapatkan harga murah dan discount.